Kamis, 03 Februari 2011

tips membeli ikan cupang yang baik

Memilih ikan cupang memang susah-susah mudah, kalau kita kurang jeli untuk memilih cupang yang baik di takutkan kita hanya mendapatkan cupang yang jelek. berikut tips memilih dan membeli ikan cupang yang baik.

1. Jika anda pemain cupang yang baru, ciri pertama yang harus kita lihat adalah kesehatan cupang itu sendiri. apakah ikan yang kita pilih itu dalam keadaan sehata atau sakit. Kalau yang sehat ikan sanagat lincah, berwarna cerah, sirip dan ekornya selalu di kibar-kibarkan atau selalu mengembangkan ekoranya ketika di dekatkan dengan ikan cupang lainnya jadi dengan kata lain ekor & siripnya tidak kucup terus. Pada cupang yang kurang sehat, ekor dan siripnya selalu kuncup, dan sering menggerak-gerakan badannya seperti kegatalan, bahkan warnanya terlihat kurang cerah, kadang cupang yang seperti ini badannya terlihat belang-belang putih yang bertanda ia kurang sehat dan penakut.

2. Memilih warna yang baik. baiknya bagi pemula memilih warna-warna dasar dulu atau warna solid, seperti hijau polos, biru polos, merah polos dan lain-lain yang penting warna solid ya.., jadi tidak ada noda lain di tubuh ikan, untuk pembeli yang sudah berpengalaman terserah memilih ikan yang berwarna apa saja untuk di pelihara ataupun di konteskan kembali.

3. Pilihlah cupang dengan sirip & ekor yang baik, warnanya terang, sirip-sirpnya terbuka harmonis dan sempurna, tidak ada bayangan lain di ujung-ujung ekor & siripnya.tidak ada jarak antara sirip bawah dan ekor (caudal) ataupun antara sirip-sirip (dorsal) punggung.sirip-sirip merapat sempurna ketika ikan membuka dan memekarkan sirip-sirip mereka.

4. Warna badan harus bersih, tidak ada noda jamur, atau beludru pada badan ikan. kemampuan berenangnya sangat lincah & gagah, ikan yang terkena gangguan kemih biasanya mengerak-gerakan ekornya dengan cepat.

5. Sebaiknya membeli ikan cupang pada peternak-peternak yang terpercaya atau yang sudah terkenal dari dulu memiliki kualitas ikan yang baik, peternak yang selalu menjadi peserta lomba ikan cupang ataupun pada juri ikan cupang. saya sangat rekomendasikan untuk mengetahui asal-usul genetisnya, ya.. paling tidak keturunan ikan-ikan juara. Banyak peternak-peternak handal mengiklankan hasil ternakannya di media-media masa khususnya agrobisnis. komunikasi dapat di lakukan dengan SMS, hubungan langsung dengan telepon,lewat internet dangan fasilitas email ataupun blog-blog seperti yang saya lakukan ini. beberapa peternak sudah memiliki website ataupun blog-blog untuk memasarkan ikan-ikan hasil budidayanya.

6. pembelian online adalah cara terbaik untuk mendapatkan ikan yang bermutu. Yang beralur murni seperti yang diutarakan dalam blog atau website tersebut. saat ini pengguna internet sudah sangat menyebar luas khususnya di Indonesia.ya.. sama seperti kamu lakukan saat ini, kalau mau memesan mereka tinggal melihat gambar-gambar yang di tampilkan oleh penyedia blog atau website.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar